Mengapa Berinvestasi dalam Perak Daripada Emas?

Mengapa Berinvestasi dalam Perak Daripada Emas?


Karena emas adalah bentuk investasi yang baik dan dapat diandalkan, dan masih ada perbedaan harga yang sangat besar antara emas dan perak, bisa dipertanyakan apakah perak benar-benar dapat menjadi investasi yang efisien untuk menghasilkan laba. Hanya satu kilo emas saat ini bernilai sekitar 50 kilo perak.

Kuncinya adalah berapa banyak perak dan emas akan tersedia di masa depan, dan karenanya jika kenaikan harga perak dan emas dapat mempertahankan hubungan yang sama seperti hari ini.

Perbedaan utama dibandingkan dengan emas adalah bahwa perak digunakan setiap hari di banyak bidang, dari baterai ke pesawat ulang-alik, dari farmasi dan obat-obatan hingga panel surya dan sakelar listrik sederhana, sejumlah besar produk dalam kebutuhan hidup kita setiap hari dan menggunakan perak. Juga ada sedikit perak yang tersisa di deposito dan sumber-sumber alam.

Sebaliknya, emas jarang digunakan untuk keperluan industri. Bank-bank nasional masih menyimpan sejumlah besar emas untuk mengendalikan perdagangan emas di seluruh dunia dan penetapan harga emas. Dalam hal perak, pemerintah barat telah mengurangi simpanan mereka sejauh ini mereka tidak akan dapat memiliki pengaruh besar pada stabilitas harga atau pembangunan. Selama tahun-tahun mendatang, harga perak terutama akan tergantung pada hukum pasar penawaran dan permintaan. Seperti yang telah kita lihat, permintaan meningkat dengan meningkatnya kebutuhan elektronik kelas atas dan produk-produk industri yang mengandung perak dan pasokan berkurang.

Lihat : logam perak kimia

Sejak tahun 2004, permintaan perak di seluruh dunia meningkat, tercermin kembali dalam kenaikan harga perak. Grafik perak dalam 10 tahun terakhir menunjukkan perkembangan harga dari kurang dari $ 6 menjadi sekitar $ 17, dengan puncaknya sekitar $ 21 pada Februari 2008.

Faktor apa yang menentukan nilai barang apa pun? Terutama, nilai diberikan oleh penawaran - ketersediaan barang - dan permintaan. Semakin banyak cabang industri membutuhkan bahan baku, semakin berharga jadinya ketika jumlah komoditas yang tersedia semakin kecil.

Emas digunakan dalam produk industri yang sangat sedikit. Jumlah emas terbesar disimpan di bank atau dibeli sebagai barang mewah. Sebaliknya, perak diperlukan untuk menjamin standar hidup kita dan akan menjadi lebih penting dalam waktu dekat. Tambang perak mungkin akan habis dalam 15 hingga 20 tahun ke depan, jadi tidak ada perak baru yang akan diedarkan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, produksi perak di tambang menurun - di saat permintaan ekonomi tertinggi.

Comments